Kamis, 06 September 2012

Ideologi


Makna Ideologi
a. Pengertian ideologi
b. Hakikat dan fungsi ideologi
c. Peranan ideologi
d. Ideologi sebagai suatu sistem


1. Ideologi adalah gabungan antara pandangan hidup yang merupakan nilai-nilai yang telah mengkristal dari suatu bangsa serta dasar negara yang memiliki nilai-nilai falsafat yang menjadi pedoman hidup suatu bangsa.
Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli
Traccy: “Ideologi adalah suatu sistem penilaian mengenai teori politik, sosial budaya dan ekonomi”.
Karl Mark: “Ideologi adalah ajaran yang menjelaskan suatu keadaan, terutama struktur kekuasaan, sedemikian rupa sehingga orang menganggapnya sah, padahal jelas tidak sah”.

2. Hakekat Ideologi
a. Paham yang mendasar dan konseptual mengenai cita-cita hidup manusia

Fungsi Ideologi
a. Struktur Kognitif adalah keseluruhan yang dapat merupakan landasan untuk memahami dan menafsirkan dunia dan kejadian-kejadian dalam alam sekitarnya.
b. Orientasi dasar dengan membuka wawasan yang memberikan makna serta menunjukkan tujuan dalam kehidupan manusia.
c. Norma-norma yang menjadi pedoman dan pegangan bagi seseorang untuk melangkah dan bertindak.
d. Bekal dan jalan bagi seseorang untuk menemukan identitasnya.
e. Kekuatan yang mampu menyemangati dan mendorong seseorang untuk menjalankan kegiatan dan mencapai tujuan.
f. Pendidikan bagi seseorang atau masyarakat untuk memahami, menghayati serta melakukan tingkah lakunya sesuai dengan orientasi dan norma-norma yang terkandung di dalamnya.

3. Peranan ideologi
a) Menyalurkan gagasan untuk masyarakat, bangsa dan negara tertentu.
b) Untuk kemajuan bangsa, karena melalui eksistensi ideologi, maka suatu bangsa akan memiliki motivasi tinggi dalam hidup dan kehidupannya, sehingga mampu mewujudkan cita-cita dan tujuannya.
c) Sebagai visi yang hendak dicapai oleh bangsa
d) Nilai fundamental yang dapat mengatur dan mengarahkan masyarakat dalam mencapai tujuan ideal bangsa.
e) Mampu menjadikan perekat yang memperkuat persatuan dan kesatuan masyarakat bangsa.

4. Ideologi dapat dirumuskan sebagai suatu sistem berfikir yang digunakan oleh suatu masyarakat untuk menginterprestasikan (mengartikan) hidup dan kehidupannya. Dapat juga dikatakan sebagai identitas suatu masyarakat atau bangsa (identity), yang sering disebut dengan istilah “Kepribadian Bangsa”. Mengingat ideologi merupakan suatu sistem berfikir dalam semua aspek kehidupan, maka ia dapat diterapkan ke dalm sistem politik, ekonomi, dan sosial-budaya. Mula-mula digali dari kenyataan yang ada (induktif), kemudian merumuskannya dalam suatu sistem dan akhirnya diterapkan kembali dalam segala aspek kehidupan (deduktif).

Ideologi dapat juga mengandung pengertian bahwa dia menegara yaitu nilai-nilai yang terkandung diatur melalui Negara. Jadi, sesungguhnya negaralah yang mempunyai peran di dalam sistem ideologi guna mengatur warga negaranya dan mencapai cita-cita dan tujuannya.

0 komentar:

Poskan Komentar